Salah satu kebutuhan penting di dalam rumah adalah aliran listrik. Seperti diketahui bahwa manusia sekarang ini sangat bergantung dengan listrik karena menggunakan banyak sekali alat elektronik. Mulai dari lampu hingga smartphone semuanya membutuhkan daya listrik agar bisa digunakan. karena itu membayar tagihan listrik tidak boleh terlambat agar tak dikenai denda apalagi sampai aliran listrik di rumah diputus oleh PLN. Sayangnya masih banyak juga yang menyepelekan sehingga terlambat bayar listrik. Alasannya karena loket PLN cukup jauh dari rumah atau malas keluar rumah. Namun hal ini kini tak bisa menjadi alasan lagi karena sudah ada cara bayar listrik online dari smartphone untuk menghindari keterlambatan.

Agar bisa membayar listrik menggunakan handphone, pertama-tama Anda harus memiliki sumber dana yang dihubungkan ke smartphone Anda. Sumber dana tersebut bisa berupa rekening di bank seperti contohnya rekening BCA. Rekening tersebut harus bisa digunakan melalui smartphone. BCA memiliki aplikasi yang memudahkan Anda untuk bertransaksi menggunakan smartphone yaitu m-BCA. Dengan m-BCA rekening Anda akan terhubung dengan smartphone sehingga Anda bisa bertransaksi dengan mudah, aman dan cepat. Salah satu transaksi yang bisa dilakukan oleh m-BCA adalah membayar tagihan listrik. Dengan begitu Anda tak perlu keluar rumah untuk membayar listrik.

Setelah punya rekening BCA dan m-BCA apa yang harus dilakukan untuk bisa membayar tagihan listrik? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan di rekening Anda sudah ada saldo mencukupi untuk membayar tagihan listrik. Lakukan cek saldo jika perlu untuk melihat jumlah saldo yang ada.
  2. Buka aplikasi m-BCA dengan memasukkan kode akses.
  3. Pilih menu m-Info untuk melihat saldo rekening BCA Anda.
  4. Setelah itu pilih Back kemudian pilih menu m-Payment.
  5. Pilih Utilitas / Publik.
  6. Pilih PLN.
  7. Masukkan no id pelanggan Anda.
  8. Cek nama bulan sesuai tagihan yang akan dibayar.
  9. Cek nomor rekening sesuai dengan sumber rekening yang akan Anda gunakan untuk membayar.
  10. Pilih Kirim.
  11. Sistem akan memberi informasi mengenai tagihan listrik yang harus dibayar.
  12. Jika saldo mencukupi, konfirmasi dengan memasukkan nominal tagihan kembali.
  13. Pilih Kirim.
  14. Saldo akan langsung berkurang sesuai dengan jumlah nominal yang Anda inputkan untuk membayar tagihan listrik.

Mudah bukan cara bayar listrik online menggunakan m-BCA. Anda tak perlu keluar rumah untuk membayar tagihan sesuai dengan yang diwajibkan. Selain langsung melalui m-BCA Anda juga bisa membayar tagihan listrik melalui e-commerce yang Anda gunakan di smartphone. Caranya dengan bertransaksi pembayaran tagihan listrik di e-commerce. Masukkan ID pelanggan lalu sistem akan memperlihatkan jumlah tagihan. Pilih cara pembayaran menggunakan transfer bank dari BCA. Sistem akan membuat virtual account yang bisa Anda pakai melalui transaksi transfer menggunakan rekening BCA. Masuk ke aplikasi m-BCA lalu pilih menu transfer virtual account untuk menyelesaikan pembayaran.

Dengan adanya rekening BCA dan m-BCA Anda tak perlu susah lagi untuk membayar tagihan listrik. Untuk bisa melakukan cara bayar listrik online menggunakan m-BCA tentu Anda harus memastikan ada saldo yang cukup di rekening. Selain membayar tagihan listrik, m-BCA juga bisa digunakan untuk membayar tagihan lainnya seperti tagihan PDAM, BPJS, tagihan kartu kredit dan pembayaran e-commerce. Jika Anda memiliki e-wallet, m-BCA juga dapat difungsikan untuk melakukan top up dengan mudah kapanpun dan dimanapun.

By Cayadi