Tips Persiapan Mudik Dengan Motor Agar Selamat Sampai Tujuan

Sepeda motor adalah salah satu alternatif kendaraan yang digunakan selama moment mudik ke kampung halaman. Berkendara roda dua dinilai lebih hemat secara finansial. Lakukanlah persiapan mudik dengan motor ini secara tepat agar Anda dan keluarga aman dan selamat sampai tujuan.

Tips Persiapan Mudik Dengan Motor

Sebelum melakukan perjalanan, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan ketika menggunaan kendaraan roda dua. Berikut penjelasannya.

Persiapan Mudik Dengan Motor – Menyiapkan Sepeda Motor

Hal pertama yang tentu harus dalam kondisi prima adalah sepeda motor. Lakukan servis dan pengecekan secara menyeluruh terutama untuk bagian mesin. Jangan lupa cek kondisi oli dan ban jika perlu ada pergantian.

Mempersiapkan Fisik Dan Psikis

Persiapan mudik dengan motor yang tidak kalah penting selanjutnya adalah mempersiapkan fisik. Tentunya kondisi badan yang fit dan prima, membuat aktivitas mudik di jalan semakin menyenangkan. Jangan paksakan jika sudah lelah dan mengantuk.

Kondisi jalanan biasanya akan ramai dan padat pemudik, kondisi lelah dan mengantuk bisa berdampak pada emosi diri. Selalu utamakan keselamatan karena keluarga pasti menunggu kedatangan Anda.

Membawa keperluan pribadi

Jangan lupakan kelengkapan surat-surat pribadi seperti SIM, STNK, KTP, atau identitas lainnya. Persiapan mudik dengan motor lainnya adalah helm yang safety, helm, body protector dan keperluan lainnya.

Bawa bekal makanan yang cukup jika perjalanan yang ditempuh cukup menguras waktu di jalan. Begitupun dengan beberapa keperluan kesehatan, jika diperlukan maka jangan lupa dipersipkan.

Mengistirahat diri

Persiapan mudik dengan motor yang terakhir adalah mengatur jam istirahat selama mengemudi. Jika jarak tempuh lumayan jauh, maka agendakan setiap 2-3 jam sekali berhenti. Selain untuk menghilangkan rasa kantuk juga mungkin ke kamar mandi.

Itulah beberapa tips persiapan mudik dengan motor yang bisa Anda lakukan. Tetap waspada selama berkendara dan jangan memaksakan diri jika rasa kantuk sudah mendera. Lebih baik beristirahat dulu agar tetap aman dan bisa berjumpa keluarga di kampung halaman dengan suka cita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *