BukuWarung Solusi Pembukuan Bisnis Yang Praktis

 

 

Salah satu syarat sebuah bisnis bisa menjadi kuat dan besar adalah adanya pembukuan yang baik. Sistem pembukuan idealnya menyajikan informasi pengeluaran dan pendapatan, disusun secara sistematis dan terperinci agar mampu memberikan gambaran valid tentang segala kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan uang, barang, dan komponen lain seperti utang dan piutang.

Dengan menyusun data keuangan yang sistematis, pelaku bisnis dapat melihat dan menganalisa perputaran modalnya serta mengambil langkah korektif jika terjadi penyimpangan dari rencana semula. Sayangnya, belum semua pelaku usaha memiliki kesadaran akan pentingnya pembukuan keuangan. Untuk itu, artikel ini akan membantu para pelaku usaha, small business dan UMKM untuk mengetahui pentingnya melakukan pembukuan atau akuntansi.

Dengan melakukan pembukuan maka akan semakin mudah untuk para pelaku usaha mengambil strategi jitu untuk mendongkrak bisnis mereka. Para pelaku UMKM atau small business, khususnya skala mikro memang masih enggan membuat laporan pembukuan. Padahal setiap perusahaan termasuk skala mikro dan kecil wajib memiliki sistem pembukuan dan laporan keuangan usaha sebagai alat manajemen kinerja.

Pembukuan pun dapat digunakan sebagai peta dalam membuat keputusan yang tepat untuk memaksimalkan profit, pengaturan arus kas, hingga mengambil perencanaan strategis. Syarat usaha mikro untuk menjadi besar adalah harus bisa membuat perencanaan strategis. Hal ini sulit dicapai oleh pelaku usaha yang tidak menerapkan pembukuan karena mereka cenderung tidak mampu memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan.

Kondisi ini membuat pelaku usaha tidak dapat melihat jelas apakah bisnisnya benar-benar menguntungkan. Perusahaan juga tidak bisa mengetahui perkembangan, keuntungan, dan prospek usahanya untuk memudahkan perusahaan dalam meminjam modal tambahan atau menggaet investor di saat yang diperlukan. Karena lembaga keuangan mensyaratkan perusahaan yang layak diberi pinjaman harus berjalan minimal berjalan dua tahun dan memiliki prospek yang baik.

Dengan memisahkan keuangan dan mencatat setiap transaksinya, pelaku usaha akan lebih mudah menerapkan pembukuan biaya berupa pelacakan, pencatatan, dan analisis terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan. Pembukuan biaya berperan membantu manajemen usaha dalam proses pengendalian dan perencanaan untuk memperbaiki efisiensi serta kualitas, baik untuk keputusan rutin maupun strategis atau jangka panjang.

Saat ini tidak ada alasan lagi bagi pemilik bisnis tidak memiliki pembukaan yang baik, karena saat ini telah hadir aplikasi BukuWarung. Merupakan aplikasi yang akan membantu para pebisnis untuk mencatat berbagai transaksi keuangan. Tidak hanya itu, menurut website bukuwarung.com, aplikasi ini juga memiliki fitur pengingat pencatatan, kartu nama digital, ewallet, laporan keuangan, dan fitur keren lainnya. Aplikasi pengelola keuangan BukuWarung akan sangat berguna bagi pebisnis agar pencatatan lebih praktis dan efisien. Segera download dan gunakan BukuWarung untuk mengelola bisnis Anda.