Apa Itu Kriket?

Hello Sobat Berita Viral, mungkin beberapa dari kalian masih belum tahu apa itu kriket. Kriket adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing 11 pemain di lapangan berbentuk oval dengan panjang sekitar 150 meter. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencetak lebih banyak angka daripada tim lawan dengan menjalankan antara dua wicket (palang kayu) di tengah lapangan.

Kriket sangat populer di negara-negara anggota Persemakmuran, seperti Inggris, Australia, dan India. Namun, olahraga ini juga semakin populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Sejarah Kriket di Indonesia

Kriket pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada abad ke-19 oleh para imigran Inggris dan Belanda. Pada awalnya, kriket hanya dimainkan oleh para ekspatriat, tetapi kemudian semakin banyak orang Indonesia mulai memainkannya.

Pada tahun 1930-an, tim kriket Indonesia bermain melawan tim Inggris dalam sebuah pertandingan yang diadakan di Jakarta. Namun, karena kurangnya dukungan dari pemerintah Indonesia dan kurangnya fasilitas yang memadai, pertumbuhan kriket di Indonesia sempat melambat.

Namun, pada tahun 2017, Indonesia resmi menjadi anggota International Cricket Council (ICC) dan sejak itu, kriket semakin berkembang di Indonesia. Saat ini, Indonesia memiliki beberapa tim kriket yang aktif berpartisipasi dalam turnamen lokal dan internasional.

Bagaimana Cara Memainkan Kriket?

Kriket cukup rumit untuk dipahami bagi orang yang belum pernah memainkannya sebelumnya. Namun, dengan latihan dan pemahaman yang baik, siapa saja dapat memainkannya.

Pertama-tama, para pemain akan dibagi menjadi dua tim dengan masing-masing 11 pemain. Tim yang memenangkan undian akan memilih apakah mereka ingin memukul atau menjaga. Tim yang memilih untuk memukul akan mencoba mencetak angka dengan melempar bola ke lapangan dan berlari antara dua wicket yang ada di tengah lapangan.

Tim yang menjaga akan mencoba untuk memukul bola secepat mungkin untuk menghentikan tim lawan mencetak angka. Jika bola yang dilempar berhasil menabrak wicket, pemain yang berada di sebelah wicket tersebut akan dianggap keluar.

Selain itu, ada beberapa aturan tambahan yang harus diikuti selama permainan, seperti batas waktu untuk setiap tim, jumlah over yang dimainkan, dan batas jumlah pemain yang boleh keluar dari lapangan.

Keuntungan Bermain Kriket

Bermain kriket memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan kekuatan fisik dan daya tahan, serta meningkatkan konsentrasi dan kemampuan strategi. Selain itu, kriket juga dapat membantu membangun tim kerja dan meningkatkan kepercayaan diri.

Kesimpulan

Kriket mungkin masih merupakan olahraga yang relatif baru di Indonesia, tetapi semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya. Dengan dukungan yang tepat dari pemerintah dan masyarakat, kriket dapat terus berkembang di Indonesia dan membuka peluang untuk lebih banyak turnamen internasional di masa depan. Jadi, ayo coba bermain kriket dan rasakan manfaatnya!

By Cayadi