Apa itu Sepak Takraw?

Hello Sobat Berita Viral, kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga sepak bola, bukan? Tapi, tahukah kamu bahwa ada olahraga lain yang mirip dengan sepak bola, namun dimainkan dengan bola yang terbuat dari anyaman daun pandan? Olahraga tersebut disebut dengan sepak takraw. Sepak takraw adalah olahraga tradisional yang berasal dari Asia Tenggara. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri dari tiga pemain.

Ciri Khas Sepak Takraw

Ciri khas dari olahraga sepak takraw adalah bola yang digunakan. Bola yang digunakan dalam olahraga ini terbuat dari anyaman daun pandan. Ukurannya sekitar 13-15 cm dan berbentuk lingkaran. Bola ini sangat ringan dan tidak empuk seperti bola sepak biasa. Selain itu, dalam permainan ini tidak menggunakan tangan seperti halnya pada sepak bola, melainkan menggunakan kaki, dada, kepala dan lain-lain.

Sejarah Sepak Takraw

Sepak takraw pertama kali dimainkan pada abad ke-15 di Malaysia. Pada saat itu, olahraga ini hanya dimainkan oleh para pemuda di pinggir pantai. Kemudian, olahraga ini menyebar ke seluruh Asia Tenggara dan menjadi olahraga yang sangat populer. Pada tahun 1940-an, olahraga ini mulai dikenal di Thailand dan menjadi olahraga nasional. Sepak takraw juga menjadi olahraga resmi dalam SEA Games pada tahun 1965.

Bagaimana Cara Bermain Sepak Takraw?

Untuk bermain sepak takraw, dibutuhkan tiga pemain dalam setiap tim. Ada tiga posisi, yaitu server, feeder, dan striker. Server adalah pemain yang memulai permainan dengan melemparkan bola ke lapangan. Feeder adalah pemain yang memberikan bola kepada striker. Striker adalah pemain yang menendang bola ke arah lawan.

Permainan dimulai dengan servis dari salah satu tim. Tim tersebut harus melemparkan bola ke lapangan lawan. Setelah itu, tim lawan harus membalas bola dengan teknik menendang bola ke arah tim lawan. Jika bola jatuh ke lapangan lawan, maka tim tersebut mendapatkan satu poin. Permainan berlangsung hingga salah satu tim mencapai poin tertentu.

Pentingnya Olahraga Sepak Takraw

Olahraga sepak takraw memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sepak takraw dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan tubuh, dan daya tahan fisik. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan keterampilan koordinasi mata dan kaki. Olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Kesimpulan

Dari artikel ini, kita dapat mengetahui bahwa olahraga sepak takraw adalah olahraga tradisional yang berasal dari Asia Tenggara. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri dari tiga pemain. Ciri khas dari olahraga ini adalah bola yang digunakan terbuat dari anyaman daun pandan. Sepak takraw memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan dapat membantu meningkatkan keterampilan koordinasi mata dan kaki. Jadi, sangat direkomendasikan untuk mencoba bermain sepak takraw sebagai olahraga alternatif.

By Cayadi